KKN-T IPB Desa Panti Adakan Sosialisasi Peningkatan Branding UENAK (UMKM Naik Kelas)

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:58 WIB
Pengingkatan Branding UMKM oleh mahasiswa KKN-T IPB.
Pengingkatan Branding UMKM oleh mahasiswa KKN-T IPB.

Harian Jember - Mahasiswa KKN-T Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan sosialisasi dan pendampingan peningkatan branding Uenak (UMKM Naik Kelas).

Uenak sendiri merupakan program inovasi yang mendorong peningkatan kapabilitas dan pangsa pasar UMKM di Desa Panti melalui penggunaan media branding, seperti packaging dan platform digital market yang didukung adanya legalitas usaha UMKM. 

Program ini dilaksanakan guna menyelesaikan permasalahan yang ada di UMKM Desa Panti seperti: 

1. Mayoritas UMKM di Desa Panti belum memiliki izin usaha khususnya NIB dan PIRT, sehingga hal tersebut menjadi kendala yang menghambat UMKM untuk meluaskan pangsa pasarnya, apalagi melihat UMKM di Desa Panti memiliki daya tarik dan potensi yang dapat dikembangkan.

2. UMKM di Desa Panti masih menggunakan pasar yang konvensional dan belum menggunakan digital, sehingga belum dapat merambah pasar yang lebih luas akibat kurangnya pengetahuan dan kapabilitas sumberdaya pengelola UMKM.

3. UMKM masih belum punya merek dan packaging yang menarik dan aman dikarenakan tidak ada niatan untuk mengupgrade atau meningkatkan daya saing produk melalui visual produk, sehingga cukup sering produk UMKM yang ada di desa Panti dikemas dan dilabeli merek milik tengkulak atau pengepul atau menjadi produk private label.

4. UMKM cenderung dalam zona nyaman dan kurang berinovasi sehingga sulit bersaing dalam pasar.

5. Adanya keterbatasan sumberdaya pengelola dan UMKM yang cenderung berbasis industri rumahan, sehingga kapasitas produksi yang dihasilkan terbatas.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut mahasiswa juga memberikan pengetahuan tentang perizinan dasar usaha UMKM.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Terkini

Terpopuler

X