Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut, Mahasiswa KKN 280 Sasar Siswa SD Desa Pejagan Bondowoso

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 08:53 WIB
Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 280 lakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut kepada Siswa SD Pajegan Bondowoso.
Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 280 lakukan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut kepada Siswa SD Pajegan Bondowoso.

Harian Jember - Universitas Jember kembali menerjunkan mahasiswa KKN periode II tahun ajaran 2021/2022 untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Penerjunan ditandai dengan pelepasan pada Rabu 20/Juli/2022 di lapangan Universitas Jember oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNEJ.

Program pengabdian masyarakat salah satunya dilaksanakan di Desa Pejagan, Jambesari DS, Bondowoso oleh Kelompok 280. Sementara itu, program kerja pertama yang dilakukan yaitu Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Jumat, 26 Juli 2022.

Kedua organ ini merupakan komponen penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meski masalah kesehatan gigi dan mulut bisa menyerang berbagai usia, namun yang paling rentan adalah anak-anak usia Sekolah Dasar.

Berdasarkan Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) pada tahun 2018, sebanyak 88,8% orang menderita karies gigi. Data menunjukkan prevelensi karies di Indonesia masih tinggi.

Di Indonesia, sebanyak 67,3% anak usia 5-9 tahun mengalami masalah gigi dan mulut. Secara khusus survei menunjukkan di Desa Pejagan masih ditemui siswa yang mengalami rampan karies, gigi berlubang, bahkan memiliki riwayat sakit gigi.

Rongga mulut yang terdiri dari gigi, lidah, gusi, dan sebagainya berperan penting untuk mengonsumsi makanan, menjaga kualitas hidup, dan menjaga produktivitas.

Jika tidak sehat, maka akan mengurangi nafsu makan sehingga pertumbuhan anak terhambat. Lebih lanjut lagi, konsumsi makanan yang kurang dapat menyebabkan terjadinya stunting.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X