Mahasiswa KKN UNEJ 433 Buat Sarana Pawuhan Adiwarna Untuk Program Sanitasi Lingkungan

- Kamis, 28 Juli 2022 | 19:43 WIB
Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 433 mengadakan program Jumat Bersih.
Mahasiswa KKN UNEJ Kelompok 433 mengadakan program Jumat Bersih.

 

Harian Jember - Mahasiswa KKN Universitas Jember (UNEJ) kelompok 433 lakukan program sanitasi lingkungan di Desa Pakel, Kecamatan Gucialit, Lumajang.

Program yang pertama yaitu mengadakan giat kerja Jumat Bersih. Kegiatan ini difokuskan untuk membersihkan masjid-masjid yang ada di Desa Pakel.

Selain itu, Mahasiswa KKN UNEJ Membangun Desa (UMD) juga membersihkan balai desa. Kegiatan ini  sebagai persiapan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Para mahasiswa bersama warga juga melakukan pengecatan patok-patok menjadi warna merah putih agar lingkungan terlihat lebih meriah.

Seperti yang disebut sebelumnya, mahasiswa KKN berfokus untuk menyukseskan program kerja Sanitasi Lingkungan.

Hal tersebut dilakukan karena masyarakat sekitar masih kurang kesadarannya akan kebersihan lingkungan yang dibuktikan dengan sangat jarang ditemui tempat sampah serta banyak sampah berserakan di jurang hutan sekitar.

Untuk proker berikutnya, para mahasiswa akan membuat sarana Pawuhan Adiwarna untuk program Sanitasi Lingkungan. Pawuhan di sini artinya tempat sampah, sementara Adiwarna adalah indah sekali.

Mahasiswa akan membuat tempat sampah dari kayu karena di Desa Pakel merupakan sentra hasil produk dari kayu. Tempat sampah tersebut juga akan diberi plastik trash bag yang praktis.

Jika sampah sudah penuh, tinggal membuat trash bag tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Nantinya tempat sempah tersebut akan dihias agar lebih menarik.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Terkini

Terpopuler

X