Mahasiswa KKN-T IPB Desa Panti Gandeng Pemuda dalam Program Kerja Grebek Desa

- Rabu, 27 Juli 2022 | 14:16 WIB
Mahasiswa KKN-T IPB bersama dengan Pemuda Desa Panti mengadakan Program Grebek Desa.
Mahasiswa KKN-T IPB bersama dengan Pemuda Desa Panti mengadakan Program Grebek Desa.

Harian Jember - Mahasiswa KKN-T IPB bersama dengan Pemuda Desa Panti mengadakan Program Grebek Desa pada Minggu, 24 Juli 2022.

Program ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan dan menumbuhkan kesadaran mahasiswa dan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Kegiatan tersebut meliputi bersih-bersih sungai, bersih-bersih desa, susur sungai, napak tilas Sumber Tunjung, tubing, dan ditutup dengan makan bersama.

Tidak hanya dari pemuda panti, acara ini juga diikuti Karang Taruna, Destana Desa Panti, dan bekerja sama dengan mahasiswa KKN-T UIN KHAS Jember, Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember, Universitas Jember, Institut Agama Islam Al-Qodiri, STIE Mandala Jember, dan UDS Soebandi.

Selain itu, Grebek desa ini juga untuk mengenalkan Sumber Tunjung kepada masyarakat luas.

Sumber Tunjung ini merupakan sumber mata air yang memiliki tujuh sumber mata air. Mata air ini juga dapat diminum tanpa harus disaring.

Sumber Tunjung tersebut dipercaya tidak akan habis-habis sehingga masyarakat sering memberikan sedekah desa berupa makanan yang diletakkan di dekat sumber air. Konon katanya, adanya mitos lahirnya kembang tunjung yang pasti mekar jika desa tersebut makmur.

Kegiatan berlangsung dari pukul 06.30 hingga 11.00 WIB dan berlangsung dengan baik, seru, dan mendapat antusiasime tinggi dari peserta.

Program grebek desa ini juga diinisiasi sebagai salah satu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antara mahasiswa maupun masyarakat salah satunya melalui kegiatan gotong royong. Dengan adanya kegiatan grebek desa ini diharapkan mampu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X