Pengabdian Mahasiswa KKN UMD 2022 Kelompok 347 UNEJ di Desa Gebang, Bondowoso, Siap Kembangkan Potensi Desa

- Selasa, 26 Juli 2022 | 22:03 WIB
Pengabdian Mahasiswa KKN 347 UNEJ di Desa Gebang, Bondowoso.
Pengabdian Mahasiswa KKN 347 UNEJ di Desa Gebang, Bondowoso.

Harian Jember - Mahasiswa KKN 347 Universitas Jember dari LP2M melakukan pengabdian di Desa Gebang, Kecamatan Tenggarang, Bondowoso, Jawa Timur terhitung mulai 20 Juli sampai 23 Agustus 2022.

Kelompok yang beranggotakan 10 orang ini siap untuk membantu mengembangkan potensi desa.

Desa Gebang merupakan salah satu desa dengan luas wilayah terkecil di Kecamatan Tenggarang dengan luas 102,77 km2. Desa ini memiliki 3 dusun yaitu Dusun Lumbung, Dusun Krajan 1, dan Dusun Krajan 2 yang mencangkup 4 RW dan 8 RT.

Sementara jumlah penduduknya tergolong cukup rendah yakni tidak mencapai 1000 penduduk.

Desa gebang memiliki potensi yang cukup seimbang antar berbagai sektor yang ada di desa tersebut.

Adapun sektor yang dimaksud antara lain pertanian, peternakan, dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Mayoritas penduduk Desa Gebang memiliki mata pencaharian sebagai petani dengan komoditas utama padi dan jagung.

Tak hanya pertanian, masyarakat Desa Gebang juga bermata pencaharian sebagai peternak sapi. Selain kedua sektor tersebut,

UMKM juga menjadi salah satu mata pencaharian warga Desa Gebang. Terdapat 2 macam UMKM yang lebih menonjol dari usaha-usaha mikro yang lain, yakni produksi krupuk dan olahan bunga telang.

Dari beberapa potensi yang terdapat di Desa Gebang, Mahasiswa KKN Kelompok 347 UNEJ siap membantu mengembangkan potensi dari industri tersebut melalui program kerja yang dapat diterapkan oleh masyarakat sekitar dalam jangka panjang.***

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X