Bacaan Surat Al Infitar, Bisa Melihat Allah Tanpa Ada Penghalang saat Hari Kiamat

- Minggu, 28 November 2021 | 19:01 WIB
Bacaan Surat Al Infitar yang disebut dapat melihat Allah SWT tanpa adanya penghalang bagi yang membacanya. (masrozak.com)
Bacaan Surat Al Infitar yang disebut dapat melihat Allah SWT tanpa adanya penghalang bagi yang membacanya. (masrozak.com)

HarianJember.com - Surat Al Infitar merupakan surat ke-82 dalam yang memiliki total 19 ayat. Surat ini masuk dalam golongan surat Makkiyah dan turun setelah Surat An Nazi'at. Selain itu, kata surat Al Infitar berasal dari kata Infitharat yang artinya terkelah yang diambil dari ayat pertama surat tersebut. 

Orang yang membaca Surat Al Infitar disebut dapat melihat Allah tanpa ada penghalang saat hari kiamat. Surat ini memiliki beberapa keutamaan seperti yang disebutkan dalam Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar.

Keutamaan paling penting dalam Surat Al Infitar yaitu orang yang membacanya akan mendapatkan kebaikan sama dengan jumlah hitungan tetesan air seperti yang disebutkan dalam riwayat berikut: Dari Ubay bin Ka’ab, dia berkata; Nabi Saw berkata kepadaku, ‘Wahai Ubay, barangsiapa membaca surah ‘Idzas samaa-un fathorot’, maka Allah akan menulis baginya dalam setiap tetesan air satu kebaikan. Dan, Allah akan memperbaiki keadaannya kelak di hari kiamat.

Baca Juga: Doa Saat Mendapatkan Masalah dan Terjemahannya Beserta Hadits yang Mendukungnya, Amalkan Setiap Hari

Berikut merupakan manfaat membaca Surat Al Infitar dilansir HarianJember.com dari abusyuja.com:

1. Dapat melihat Allah tanpa adanya penghalang

Dalam sebuah hadits, jika kita membaca Surat Al Infitar, maka pada hari kiamat ia bisa melihat Allah tanpa adanya penghalang. Berikut bunyi hadits tersebut:

Husain Abi Al-‘Ala’, berkata, “Saya mendengar Abu Abdullah berkata, ‘Barangsiapa yang membaca dua surat ini, dan menjadikan keduanya pada matanya di dalam salat fardu dan sunah, yakni idzas-sama’un-fatharat (Surat Al-Infithar), dan idzas-sama’un-syaqqat (Surat Al-Insyiqaq), tiada penghalang yang menghalanginya dari Allah, tidak ada pemisah yang memisahkannya dari Allah, dan ia senantiasa melihat Allah dan Allah juga melihatnya hingga ia selesai dilihat.’” (Tswabul A’mal: 151)

2. Dapat menyebuhkan mata dan dosa-dosa terampuni

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: abusyuja.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X